Saturday, July 25, 2015

Perjalanan Bermain Dragon Nest INA


     Saya pertama kali bermain Dragon Nest pada akhir tahun 2013, tepatnya pada awal level cap 60. Menurut saya belum terlalu lama. Character pertamaku pada saat itu adalah warrior. Bermain di server Void sebagai solo player. Perlahan-lahan mempelajari gamenya. Wah, ternyata asyik main DN. Saat mencapai level 15, saya memilih job lanjutan/subclass Sword Master yang menggunakan pedang, karena saya gak terlalu suka subclass Mercenary yang menggunakan kapak dan palu. Leveling lagi.. Saat mencapai level 45, saya sempat bingung. Ada pilihan subclass lagi, yaitu Gladiator dan Lunar Knight. Gladiator bermain serangan fisik jarak dekat, sedangkan Lunar Knight bermain magic jarak menengah. Intinya bagaikan Kirito (SAO) dan Ichigo (Bleach). Akhirnya saya memilih Lunar Knight. Serangan yang berupa gelombang sabit berwarna biru. Menyerang musuh dengan energi bulan yang indah. Gerakan skill-skillnya yang sangat istimewa. 


MBD EX last hit
Cap 60
     Setelah mencapai level 60. The game is just begun. Pada saat itu, saya baru menyadari, ternyata ada sisi buruk game ini. Diskriminasi job everywhere. Jarang ada yang mau membawa Lunar Knight untuk bermain Nest. Banyak yang bilang kalau job sebelahnya,  Gladiator, memiliki damage yang lebih besar. Diskriminasi. Diskriminasi. Proses gearing up menjadi lambat. Dan saya merasa kesal.
     Lalu saya ditawari teman sewarnet saya untuk mencoba bermain di server Althea, server terpadat di DN INA. Ternyata server Althea jauh lebih ramai dibandingkan server Void. Farewell server void. Saya membuat char ke-2, yaitu Cleric, job yang bertipe support. Sampai level 15, saya memilih subclass Priest. Setelah mencapai level 25an, ternyata saya merasa kurang cocok dengan job ini. Akhirnya saya membuat char lagi.
     Char ke-3 saya adalah Gladiator di server Althea. Ternyata benar, damage job Gladiator cenderung lebih besar. Hal ini karena Gladiator memiliki skill Finish Attack, skill yang damagenya semakin besar saat HP monster semakin sedikit. Woww.. Gerakan pedang yang cepat. Tarian pedang yang indah. Maju paling depan dan menghindari serangan lawan dengan sangat lincah. Dengan peran sebagai sub-damager dan debuffer. Benar-benar seperti Warrior dan Ahli Pedang sejati. Btw, job-job yang paling sering dibawa nest saat itu adalah Saint, GL, Cryomancer, Artillery, Mercenary, Smasher, Dancer, dll.
     Oh, enaknya.. Pakai Gladiator lebih mudah diterima party untuk main nest. Waktu demi waktu berlalu. Hari-hari bermain yang menyenangkan, meskipun Gladiator hanyalah char musimanku saat itu. Akhirnya sebelum update Desert Dragon Nest, char GL-ku equipnya sudah lumayan bagus. Dragon Jade full tingkat intermediate, equipment tingkat epic, yaitu sword +11, gauntlet +10, armor rata +9. Cukup untuk clear Memoria DDN part 1. Tapi, entah kenapa saya masih ingin bermain Lunar Knight.
     Saya membuat lagi char LK sebagai char utama, di server Althea juga, sama seperti Gladiator dan Priest. Setelah char LK sampai level 60, saya memutuskan untuk vakum sementara karena sebentar lagi UN SMA dan harus persiapan untuk masuk PTN.

Cap 70
     UN selesai dan saya masuk PTN dengan lancar. Saya pun merantau ke luar kota untuk kuliah. Iseng-iseng main DN lagi. Wah.. Ternyata sudah update level cap 70, class Assassin sudah dirilis, dan Guardian Nest sudah dirilis. Waduh, saya ketinggalan. Saya lanjutkan leveling char LK di Althea. Setelah char LK mencapai level 70, saya melanjutkan leveling char GL. Lohh.. Kok damagenya LK lebih besar? Cari info di website DN, wah ternyata LK dan beberapa job lainnya sudah di revamp di akhir cap 60, tepatnya setelah saya vakum. LK menjadi lebih mudah masuk party nest.
     Di kota baru itu, ternyata banyak yang main DN. Perlahan-lahan saya berteman dengan gamer di warnet langganan saya itu. Saya melanjutkan proses gearing up char LK. Saat cap 70 ini saya jadi Rajin-man, tiap hari menyelesaikan daily quest Merlin dan tiap minggu bisa melimitkan Guardian Nest, Mst Nest, Hero’s Battlefield, FoD, dan bermain ladder 10x di setiap minggunya. Saat Anu Arendel Trial Nest dirilis, char LK-ku gearnya sudah cukup bagus, +10 Savior weapon, 3 armor atas +9, 2 armor bawah +8, dan full high grade jade. Pada saat itu char GL-ku cuma buat menambah pendapatan gold saja.


Stat LK di pertengahan cap 70. Terpasang ECJ Light. Light attack 3,05%
     Di cap 70 ini, ada meta baru untuk party, yaitu elemental party. Disponsori oleh Elemental Conversion Jade (ECJ). Beberapa job yang dulu terdiskriminasi telah di revamp oleh Developer. Most wanted class saat itu adalah Light Fury. Diikuti LK, Inquisitor, Crusader, Engineer, Raven, Adept, dll. Class lama yang pernah bersinar menjadi terdiskriminasi.
     Untuk menambah pendapan gold, saya melanjutkan leveling char priest yang dulu pernah saya buat, lalu saya jadikan Inquisitor. Ternyata bermain sebagai Inquisitor agak ribet, karena punya 3 tugas, yaitu Light Resist Debuffer, Heal/Cure, dan menyerang. Awalnya saya gak bisa solo healer di party. Namun lama-kelamaan saya terbiasa juga hingga bisa jadi solo healer di AATN.


     Saat bermain Inquisitor, saya cuma bermain nest di Light Party. Karena bermain di Light Party dengan line up Inquisitor, Crusader, LK, dan Enginner (atau job lainnya) bisa clear Guardian Nest dengan rata-rata sekitar 6-8 menitan.

Rekor tercepatku Guardian Nest di cap 70. Line up: Inquisitor, Crusader, LK, Dancer.

     Pada saat Black Dragon Memoria dirilis, ketiga char saya, yaitu LK, Inquisitor, dan Gladiator equipnya sudah full high grade jade semua. Char LK bisa limit BDM 1-3 tiap minggu, meskipun gak pakai equip L-grade.
     Di akhir level cap 70, tepatnya beberapa hari sebelum event Dragon Hunting dirilis, saya memulai mencari Achievement Point dari 18.000 point ke 35.000 point, karena nantinya bisa membeli scale BDN HC. Oh crap, Dragon Hunting dirilis bersamaan dengan Achievement Point Shop, saya kira Achievement Point Shop dirilis saat update level cap 80. Bahkan saya sempat berpikir gak bakal ada Achievement Shop di DN INA, mengingat equip ladder unique level 70 dan Three Core Nest belum ada. Achievement Hunting dimulai. Dengan malasnya saya bermain dungeon sampai FTG kering setiap hari. Nest nest kecil seperti Mino sampai Mist Nest saya jajah semua. Saya hampir frustasi saat mencapai 34k point. Akhirnya saya pakai g-cash untuk masuk Treasure Stage. Achievementnya lumayan besar. 

My achievement
     DN INA langsung update level cap 80 begitu event Dragon Hunting selesai. Setelah berburu achievement selama kurang lebih 40 hari, akhirnya achievement sampai ke 35k, meskipun level 80 sudah update lebih dulu.

Cap 80
     Leveling, leveling, dan leveling lagi. Cap 80 levelingnya paling mudah. 3 char saya sudah level 80 semua. Bermain daily quest dan farming seperti biasa. Daily quest level 80 memberikan item Wandering Soul Fragment. Drop 2-3 biji di setiap dungeon. Bisa ditukarkan berbagai macam item. Tapi yang menjadi incaran utama semua player adalah plate epic level 80. Wandering Soul Fragment saya sudah sampai 70. Saya tukarkan dengan plate. Setelah saya buka ternyata dapat plate blessed. Oh sialnya. TAPI.. Setelah saya craft di town, ternyata ada ekstra statnya, yaitu 3rd FD!! Wuih, aseekk. Baru kali ini dapat item mahal. Saya jual di TH laku 80k gold. Btw, saat itu banyak yang PM saya dan banyak yang mau nipu saya untuk mendapatkan plate saya tersebut. Setelah plate terjual, saya langsung berbagi sedikit ke beberapa teman di warnet saya.
     Ketika saya bermain Volcano Nest, saya mendapatkan Comet Ranceia Tunic (set FD bagian upper untuk class Tinkerer). Sepertinya cdi ap 80 ini saya benar-benar hoki. Saya jual di TH laku 40k. Gold dan Fury BDH HC sudah terkumpul.

Akhirnya beginilah stat char saya untuk saat ini:

LK:
LK tanpa ECJ. Crtical cuma 47%
LK dengan ECJ light. Light attack 3,05
Stat di dungeon saat skill Break, pasif level 65, dan skill jade aktif:
+11 Black Dragon Destroyer Sword
+11 Black Dragon Destroyer Gauntlet
+8 Black Dragon Destroyer Shoes
Armor meteor ranceia upper, lower, helm, dan glovers +8
Tersedia 2 ECJ Light dan Dark
Full rare talisman
Full High Grade Jade, 4 High Grade Wise ada ekstra stat vit 271.
BUKAN untuk dijual lho ya
Biaya menempa kedua senjata diatas (sword dan gauntlet) sekitar 45k gold termasuk jelly dan essence.
Inquisitor:
Stat Inquisitor. light attack 41%. Meteor Ranceia Weapon +10. 3 armor atas +9. 2 armor bawah +8.
Target saya saat ini untuk char LK adalah:
1.       Weapon BDN Legend dengan enhance +12 rata
2.       Armor BDN Legend dengan enhance +10 rata.
3.       INT mencapai 35.000
4.       Plate epic/unique 3rd critical rata sehingga critical mencapai 65%
5.       Skill Necklace (stat INT) opsi Crecent Cleave level 80 dan Skill Earring opsi HMS (stat INT) opsi Half Moon Slash level 80


Bermain trampolin. Shinra Tensei.... Cia... :D
     Secara overall game ini sangat menyenangkan. Bisa punya banyak teman, ada komunitas guild, belajar marketing lewat Trading House, belajar strategi lewat mekanik Nest, dll. Namun, sekarang saya sudah hampir mencapai titik kebosanan bermain game ini. Mungkin cap 80 adalah akhir perjalanan DN saya.
That’s my story :D

Artikel Terkait

1 comments:

warnetgea said...

sayangnya dragon nest Indonesia telah tutup ya sobat, namun kalian masih bisa main di server SEA kok walau harus buat akun baru, dan jika mau alternatif lain ada juga game mirip DN di steam, artikelnya bisa dibca dibawah ya



Cara daftar Dragon Nest SEA

3 game Mirip Dragon Nest

game online terbaru

Cara Top Up cash DN SEA

warnet di kalirejo Lampung Tengah



salam damai Indonesia ku, gamers satu hati berjuta aksi

Post a Comment